Senin, 26 September 2022
Advertisment
BerandaLiputanBudayaAplikasi Sidaya Bantu Promosikan Seni dan Budaya Lokal

Aplikasi Sidaya Bantu Promosikan Seni dan Budaya Lokal

Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Semarang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Data Kebudayaan (Sidaya).

Aplikasi tersebut diklaim memudahkan pelaku seni budaya untuk mencatatkan rekam jejak mereka ke dunia maya. Sekaligus mempromosikan kiprahnya agar semakin mudah dikenal khalayak.

Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo Priyatmo saat ditemui mengatakan layanan sidaya tentu harus dimanfaatkan oleh masyarakat. Dengan adanya menu cetak mandiri bisa membantu masyarkat dalam mengurus izin gelar seni dan kartu induk kesenian dengan cepat dan sangat efisien waktu.

Ia juga menjelaskan di dalam aplikasi tersebut, semua data dan indikator secara otomatis akan menjadi sebuah buku profil kebudayaan online yang bisa dibaca oleh semua masyarakat. Tidak hanya warga Kabupaten Semarang yang bisa menikmati aplikasi ini juga bisa mendunia.”Ini juga jembatan untuk teman-teman pelaku seni berpromosi. Aplikasi ini pun juga untuk meningkatkan kinerja organisasi untuk melayani masyarakat budaya,” terangnya. Minggu (31/10).

Ia juga menjelaskan data bidang kebudayaan yang telah tersusun rapi tentu memudahkan pengambil kebijakan untuk menentuak program kerja yang tepat sasaran. Aplikasi Sidaya sendiri masih dalam tahap pengembangan kedepannya masih banyak menu tampilan yang lebih memudahkan untuk digunakan oleh pelaku seni.

Salah seorang pamong budaya Kabupaten Semarang, Bramantyo Agus Saputro menyambut baik atas peluncuran aplikasi Sidaya. Pihaknya berharap aplikasi ini memudahkan masyarakat memperoleh informasi dan data kebudayaan Kabupaten Semarang. Tak hanya soal kesenian namun hingga informasi tentang cagar budaya di Kabupaten Semarang. (ria/bas)

Artikel ini telah terbit di :
https://radarsemarang.jawapos.com/berita/jateng/ungaran/2021/11/01/sidaya-bantu-promosikan-seni-dan-budaya-lokal/

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru