Senin, 26 September 2022
Advertisment
BerandaLiputanBudayaPemkab Pamerkan Ratusan Cagar Budaya

Pemkab Pamerkan Ratusan Cagar Budaya

Beragam benda cagar budaya dipamerkan di museum Pandanaran, Tuntang Kabupaten Semarang Selasa (22/10).

Sebagai upaya menjaga benda cagar budaya tersebut, Pemkab Semarang telah menerbitkan Perda Cagar Budaya yang disahkan pada 2019.

Dengan adanya perda tersebut, diharapkan masyarakat ikut merawat karena telah dilindungi Undang-Undang. Terutama untuk pendidikan. Namun ia juga mengakui, wisata sejarah seperti ini pasti kurang diminati anak-anak sekolah.

“Tapi kita sudah menyiapkan strategi agar kunjungan ke situs dan museum Pandanaran meningkat. Mulai jenjang SD hingga SMA diminta memiliki program outingclass berkunjung ke tempat cagar budaya,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Semarang, Adi Prasetyo Pameran Cagar Budaya di Museum Pandanaran mulai 22 Oktober hingga 24 Oktober 2019. Benda yang dipamerkan berasal dari masyarakat dan pemerintah.

Di antaranya, yoni, batuan candi, kemucuk, fragmen bata, arca naratsima , mahasa suramardini, genta logam, kendi, senjata klasik jenis tombak, dan artefak.

“Selain itu ada juga uang, tulisan di lontar, manik-manik, dan hiasan candi. Selama ini, hanya prasasti dan situs Candi Gedong Songo yang dikenal masyarakat sebagai kekayaan cagar budaya yang dimiliki Kabupaten Semarang,” ungkapnya.

Namun, pada kenyataanya terdapat puluhan situs lain yang tersebar di beberapa wilayah. Di antaranya, prasasti situs Tuntang, Ngadoman, Batu Tulis, dan Ngrawan. Prasasti Tuntang menjadi yang tertua karena diterbitkan tahun 763 Masehi.

Salah satu pengunjung Hari Artato yang sedang menempuh pendidikan sejarah di salah satu universitas di Kota Semarang mengaku tak menyangka Kabupaten Semarang memiliki situs dan cagar budaya yang beragam. dirinya mengatakan cukup beruntung menyempatkan datang untuk mengenal prastati tesebut.

“Cukup kaget melihat benda peninggalan masa lalu ini. Ternyata Kabupaten Semarang menyimpan cerita yang banyak. Saya kenalnya memang candi saja di sini,” katanya. (ria/zal)

Artikel ini telah terbit di :
https://radarsemarang.jawapos.com/berita/jateng/ungaran/2019/10/23/pemkab-pamerkan-ratusan-cagar-budaya/

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru